- -

SEJARAH SHINSENGUMI - PENJAGA KYOTO

Hijikata Hosizho

Kondo ishikami

Soji okita

Saitou Hajime



Setelah kedatangan Commodore Perry, Jepang jatuh kedalam kehancuran dan ketakutan yang mencekam. Banyak samurai terutama dari golongan rndah mulai berdebat dan meragukan kekuasaan SHOGUN dalam mempertahankan dari kekuatan bangsa asing. apalagi setelah mereka melihat bangsa asing dipersenjatai dan diperkuat dengan blackships. slogan "Sonno-Joi" (Menghormati Kaisar dan Usir Bangsa Asing) telah banyak mendapatkan dukungan, banyak samurai berdatangan ke Kyoto untuk bergabung dengan gerakan revolusi.



Roshi (Samurai tak bertuan atau disebut ronin ) banyak bermunculan di kyoto, menyebabkan banyak ganguan di ibukota. yang menyebabkan keresahan karena rasa ketidak puasan, banyak dari pada roshi belum tahu gerakan-gerakan mana yang harus mereka ikuti atau kepada siapa mereka harus mengabdi. yang mereka tahu mereka sudah tidak sabar untuk berjuang membela negara. Banyak dari mereka yang bersekolah untuk mempelajari - Sonno-joi, membuka negara dan belajar dari para gaijin(bule/orang asing) dan mempelajari juga teknologi mereka. di zaman Bakufu ini, adalah zaman dimana 100 orang memiliki 100 argumentasi yang berbeda dimana kamu tidak bisa berkata "siapa yang salah" . Bakufu memutusjan untuk merekrut roshi untuk berkhidmat kepadanya, daripada mereka membuat teror dan berkeliaran bebas tanpa tujian di ibukota. Roshi-tais (bands of wave samurais) mulai di bentuk roshis di kumpulkan dan dijadikan Ksatria Bakufu, mereka juga mengadakan "Ujian Masuk" dengan syarat paling tidak memiliki suatu keahlian pedang (semacam pertandingan kenjutsu, seperti ujian) kejadian ini terjadi tahun 1863 atau tahin ke 3 Bunkyuu, satu tahun setelah Koru(samurai X) lahir.

Di sekitar distrik Tama dekat Edo(tokyo), Terdapat sebuah dojo kenjutsu bernama Shieikan, yang mempelajari teknik pedang aliran Tennen Rishin. Kondou Isami adalah seorang guru di dojo tersebut, dan bersama murid-muridnya adalah Hijikata Toshizou, Okita Souji dan Inoue Genzaburou. mereka berempat sudah layaknya seperti kakak beradik atau bersaudara. Okita adalah sebagai yang termuda dan terkuat. ada juga dari mereka yang kadang-kadang datang ke dojo untuk mengambil jatah makan mereka (seperti Sano kadang-kadang ke Kamiya Dojo), selain itu adapula Yamanami Seisuke, Harada Sanosuke dan Nagakura Shinpachi. ketika Kondou dan Hijikata mendengar tentang pembentukan Roshit di Kyoto mereka datang ke Kyoto dengan beberapa anggota Tennen Rishin Ryuu.

Di Kyoto, mereka berada di bawah pengawasan Kiyokawa Hachirou, setelah lulus "Ujian Masuk". 13 roshi, termasuk Kondou dan kawan-kawan, dipertemukan dengan "Kyoto Defenders" oleh Matsudaira Katamori, Daimyo dari Aizu.

demikian Kiyokawa bertingkah di tengah publik sebagai pro-Bakufu, dia bersebelah pihak dengan bakufu. apa yang diinginkannya adalah mengumpulkan pasukan daripada roshis atas nama Bakufu, tapi melatih para roshis untuk menjadi Ishin Shishis(prajurit restorasi / gerakan orang yg mendukung kaisar sebagai kepala negara). ia merencanakan penyerangan gaijin yang berlabuh di Yokohama dengan para Shishis, merencanakan pembakaran gedung dan pembunuhan orang asing di jepang. Shogun mendapatkan berita ini, sedangkan mereka mengirim pembunuh untuk membunuh Kiyokawa pada tangal 13/4, tahun ke 3 Bunkyuu. sebelum seluruh rencana mereka dilakukan. Setelah itu, Kondou dan kawan-kawan. memaksa untuk membantu Shogun, dan mereka membentuk Shinsengumi, dengan 13 anggota. akhirnya kanji "Makoto" dipilih sebgai lambang bendera mereka. ada juga beberapa argumen yang menyatakan bahwa : Kondou memaksa "Makoto", sedankan Serizawa menginginkan "Ryu" (Naga).

Berikut adalh susunan awal formasi SHINSENGUMI :

Kapten: Serizawa Kamo(model dari Shishio), Kondou Isami, Niimi Nishigi
Wakil Captains: Hijikata Toshizo (model dari Aoshi), Yamanami Keisuke
ada juga beberapa anggota yang bergabung seperti : Soji Okita(model dari Sojiro Seta), Saitou Hajime.


PEGOLAKAN PERTAMA SHINSENGUMI

Serizawa Kamo sangat terkenal keahliannya memakai kipas besi sebagai senjata, mendapatkan semua yang ia mau dengan menggunakan kekuasaannya sebagai "Kapten Shinsengumi" untuk menutup semua kesalahannya. ini menyebabkan lahirnya nama, SERIGALA MIBU karena pasukan pertama dibangun di desa Mibu, dan para samurai dari serigala mibu ini dikenal dengan sebutan MIBU-ro. untuk terakhir kalinya Kondou dan Hijikata melihat Serizawa membawa prostitusi di sebuah penginapan para Shinsengumi, hal ini menyebabkan Kondou, Hijikata berfikir cepat bahwa ksatria seharusnya memiliki moral yang tinggi, sehingga di bentuklah kode etik samurai di shinsengumi. .

Di lain pihak, Niimi tidaklah jauh berbeda debgan Serizawa. ketika pasukan sedang melakukan perjalanan ke Kyoto , api menghancurkan tempat dimana mereka menginap, dan Kondou menyalahkan mereka atas kecerobohan mereka . beberapa bulan kemudian, Hijikata dan beberapa orang tidak menutupi kenyataan : Niimi dan Serizawa mereka meminta uang daripada penduduk untuk membiayai kehidupan merekan yang selalu bermewah-mewahan, siapapun yang menolak untuk mematuhi keinginan mereaka akan menjadi korban kemarahan mereka yang menjijikan. Hijikata mengatur untuk mencari bukti untuk menghukum Niimi saja, dan memerintahkan Niimi untuk seppuku. setelah itu hubungan Serizawa dan Kondou makin memburuk. akhirnya pada tanggal 18/9/1863, Serizawa dan anggotanya yang ikut korupsi dan merusak nama baik Shinsengumi di bunuh dengan tim khusu yang beranggotakan : comprising of Inoue, Yamanami, Toudou, Harada and Okita.

Setelah kepergian Serizawa, Kondou dan Hijikata ingin memperbaiki kualitas daripada anggota Shinsengumi, tidak hanya "Ujian Masuk" di buat sangat sulit, setiap anggota yang ditemukan bersalah melakukan sesuatu di luar "kode etik samurai" harus melakukan "SEPPUKU".

TUGAS SHINSENGUMI

Shinsengumi sebenarnya adalah pasukan polisi, patroli di jalan-jalan kyoto menjaga keamanan. melindungi Kyoto dengan pedang mereka dari serangan gerakan Shishis, Shishis bermunculan dan berusaha untuk menggulingkan SHOGUN. aksi-aksi radikal dari Shishis, seperti pembakaran gaijin's (dilakukan oleh Takasugi Shinsaku, Katsura Kogorou/Kido Koin. Takasugi orang yang membangun Kiheitai, dan dalam cerita rurouni Kenshin ialah orang yang pertama kali mengenalkan kenshin pada katsura.),

Cara bertarungnya adalah sekumplanmelawan satu atau beberapa, dan hal ini menguntngkan bagi shinsengumi karena mereka semakin berkembang. Anggota Shinsengumi yang mem]nemukan orang yang dicurigai harus melenyapkan orang tersebut. yaaa... sebenarnya sasaran Shinsengumi adalah keamanan kota Kyoto untuk memastikan kyot menjadi kota yang aman dan damai dan metode ini sangat penting bagi mereka.

TRAGEDI IKEDAYA
(June 1864, Tahun Pertama Genji)

Akhirnya. ini adalah saat penting yang menentukan karir Shinsengumi. Berdasarkan Informasi yang akurat dari mata-mata Shinsengumi, bahwa akan ada pertemuan besar di gedung ikeda-ya shinsengumi menyerang gedung itu kebanyakan yang terbunuh adalah para Shishis dari Choshu dan Tosa. ini adalah kejadian dimana shinsengumi mendai pahlawan nasinal hanya dalam semalam, namun dalam kejadian ini Okita mendapat hadiah lebih.

----> SOURCE : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3906699

Leave a Reply